Selasa, 17 Maret 2009

Bikin lapangan bulu tangkis, yuk!

Dalam pertemuan arisan yang lalu, salah satu agendanya adalah membahas rencana pembuatan lapangan bulu tangkis. Nah artikel berikut ini sedikit banyak dapat menjadi acuannya.

Lapangan bulutangkis mempunyai panjang 13.40 meter dan lebar 6.10 meter. masing-masing dibatasi garis servis panjang, garis pinggir ganda, garis tengah, garis servis pendek, dan net yang berukuran tinggi 1.55 meter.

Lapangan badminton untuk permainan tunggal berbeda dengan permainan ganda. Untuk permainan tunggal garis pinggir luar tidak dihitung, jika shuttlecock jatuh diluar garis pinggir dalam maka dianggap keluar. pada saat servis garis servis panjang dianggap masih di dalam lapangan bulutangkis. Sebaliknya lapangan badminton untuk permainan ganda, garis pinggir dihitung, jika pada saat servis shuttlecock jatuh di luar garis servis panjang maka dianggap keluar atau long.

Jadi jika Anda mau membuat lapangan bulutangkis di halaman rumah, taman di kompleks, atau gedung ukuran badminton court di gambar dapat dijadikan acuan.



Nah masalahnya lokasi lapangannya masih belum fix. Usulan di jalur utama tentunya sangat beralasan karena telah tersedianya penerangan jalan dan halte tempat duduk. Namun usul ini tentunya akan menemui kendala lalu lintas kendaraan. Muncul beberapa ide untuk mengakali kendala ini:
  1. Net digulung setiap kali ada kendaraan yang lewat. Bagus juga, biar ada selingan turun minum dan melatih kesabaran. Bisa di bayangin, jika setiap menit ada kendaraan lewat, bisa kembung tuh perut turun minum terus..
  2. Membuat lahan parkir sementara untuk kendaraan yang mau lewat. Nah ini ada peluang bisnis nih..penitipan kendaraan...
  3. Lapangan dibuka setelah jam 11 malam. Bagus juga sih, tapi kalo habis main langsung mau ke spa, gimana dunk..?
  4. Sebenarnya mungkin ada beberapa usulan yg belum sempat mengemuka, misalnya bikin net imaginer aja...alias netnya dibayangin aja dalam hati..alias ngga usah pake net..berarti butuh wasit dengan kemampuan imajiner juga. Bingung ah.

Ya sudah kita tunggu aja improvisasinya tanggal 26 maret mendatang deh..

Sumber: bulu-tangkis.com

1 komentar: