Minggu, 22 Maret 2009

Pulau Umang

Berwisata, sejak dulu kala, telah menjadi salah satu kebutuhan hidup semua orang. Dengan cara dan motivasinya masing-masing, setiap manusia melakukan kegiatan wisata. Selain untuk menikmati keindahan panorama tempat yang dikunjungi, berwisata juga dapat dimaksudkan untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan kita dari rutinitas kerja sehari-hari. Bagi banyak orang, salah satu tempat berwisata yang dapat menghilangkan segala macam kejenuhan adalah pantai.

Pulau Umang Resort Hotel. Berjarak kurang lebih 183 km dari Ibukota Jakarta, kita membutuhkan sekitar 3,5 jam dengan mengendarai mobil yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal motor sekitar 5 menit untuk bisa sampai di lokasi. Di tempat ini Anda akan menemukan sebuah pulau yang begitu indah dan menyenangkan untuk dikunjungi. menghadirkan suasana panorama alam yang asri nan mempesona dengan pemandangan Anak Gunung Krakatau dan perbukitan di Pulau Jawa. Pulau Umang adalah sebuah pulau yang menyenangkan, sejuk dengan pasir putih yang bertaburan menghampar di sepanjang pantai, di selingi kerang dan karang kecil yang indah di mana-mana, pulau yang teduh dan penuh damai ini ditumbuhi pepohonan yang cukup lebat, serta rumput yang subur, menjadikan pulau ini begitu berbeda dengan pulau-pulau lain. Membuat suasana pulau menjadi indah, sejuk, dipenuhi udara segar dan sehat.

Pulau Umang Resort Hotel terdiri dari sebuah pulau yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Banten, tepatnya berada di jalur Sumur-Pandeglang, Banten.
Sambil menyusuri dermaga menuju pulau, kita akan melihat pasirnya yang putih dan birunya laut. Pemandangan pantai yang indah, sehingga tempat ini juga bisa dipakai dalam foto prewedding. Ketika sampai di lobby, Anda akan langsung disambut dengan minuman selamat datang yang berupa juice dan handuk basah yang segar. Pengelola juga menyediakan transportasi dari Jakarta bila kita enggan menggunakan kendaraan sendiri.

Di pulau ini terdapat resort atau villa. Suite tempat bermalam sangat nyaman. Setiap villa terbagi 2 sama besar dengan pintu sebagai penghubung. Ruang tamu yang dilengkapi sofa membuat kita dapat lebih menikmati saat berkumpul di ruangan ini. Kamar mandi bergaya pedesaan, dengan hiasan dari tanah liat yang berkesan alami. Pada lantai atas, terdapat tempat tidur yang sangat romantis dengan bagian atas dari kaca, sehingga kita dapat memandang bintang pada malam hari.

Pulau Umang mempunyai luas 5 hektare dan ditumbuhi pepohonan yang cukup lebat, serta rumput yang subur, menjadikan pulau ini begitu berbeda dengan pulau-pulau lain. Membuat suasana pulau menjadi indah, sejuk, dipenuhi udara segar dan sehat. Bagi yang senang bermain air dan olahraga, Anda dapat bermain jet ski, banana boat, atau snorkeling.

Di tempat ini disediakan juga Swimming Pool dan Kids Pool, kolam renang yang juga berada tepat di pinggir pantai. Pasti serasa sangat segar ketika di sore hari Anda mencoba berendam sejenak di kolam ini. Tidak jauh dari tempat ini terdapat pula pemandian air panas yang sangat unik, namanya Jacuzzy. Fasilitas lain yang terdapat di resort ini adalah; Sunrise Cafe, Beachclub dan Spa, dimana kita dapat menikmati pijatan dengan aromaterapi dengan mendengar deburan ombak.

Pulau Umang Resort juga menawarkan berbagai kegiatan di alam bebas seperti :
  • Bukit Legon The Outbound Adventure. Berada di atas bukit dengan pemandangan laut bebas yang spektakuler. Merupakan area outbound yang lengkap untuk penyelenggarakan aktivitas ‘back to nature’, dengan kombinasi tracking ke bukit, rakit di sungai dan saung tradisional. Didukung oleh sekelompok pecinta alam yang kreatif dan professional di bidang pengembangan sumber daya manusia dengan petualangan di alam bebas.
  • Pulau Umang Summer Camp. Dipandu oleh team profesional, menawarkan program outing yang dirancang khusus untuk anak-anak dalam rangka mengenal potensi dan kelebihan dirinya sekaligus mengenal lingkungan dan alam sekitarnya.
  • Hill adventures, river trip, kids outdoor activities dan banyak lagi kegiatan petualang yang tiada akan terlupakan. Memadukan kegiatan tantangan alam dengan permainan menarik yang menyenangkan. Semuanya dilaksanakan di lokasi dengan fasilitas kegiatan dan keselamatan yang lengkap.

Perairan di pulau ini masih banyak terdapat ikan. Di dekat dermaga, kita dapat melihat kumpulan ikan yang berkelompok. Ini dapat menjadi tempat untuk Anda yang mempunyai hobby memancing. Untuk anak-anak, ada juga berbagai permainan untuk anak seperti ayunan, trombolin, dll.

Kita juga dapat bersantai di gazebo yang terdapat di depan masing-masing suites tempat kita menginap dan berada tepat di pantai. Tempat yang ideal untuk menikmati sunrise atau sunset. Saat makan malam suasana romantis bisa Anda dapatkan bila ingin makan di tepi pantai sambil mendengar suara ombak. Atau bisa juga di dalam cafe sambil mendengarkan alunan lagu yang dilantunkan penyanyi.

Dekat dengan pulau Umang, terdapat pulau Oar. Pulau ini belum terlalu dikelola dan masih sangat alami. Berbagai jenis kerang-kerangan masih banyak di tempat ini. Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa menggunakan kapal nelayan yang disediakan dari Pulau Umang.

Sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan, terdapat juga toko yang menjual berbagai souvenir berupa kaos atau topi yang berlogo Pulau Umang. Ada juga pajangan dari kerang dan gantungan kunci. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, jadi tidak akan menguras kantong kita.

Tips:

Untuk berwisata ke Pulau Umang, sebaiknya diperhatikan hal-hal berikut:

  • Anda dapat menggunakan angkutan umum dari Jakarta, dari Slipi jurusan Kp. Rambutan - Serang dengan ongkos Rp 25.000,- turun di Terminal Serang. Dilanjutkan dengan naik bus Serang – Sumur Rp. 30.000 atau Serang – Labuan Rp. 15.000,- kemudian dengan mini bus ke Sumur Rp. 20.000,- Anda juga dapat menggunakan jalur dari Kalideres – Labuan dengan biaya Rp 25.000,- dilanjutkan naik bus Labuan - Sumur Rp. 20.000,-
  • Penting sekali bagi Anda yang menggunakan angkutan umum agar diupayakan tiba di Serang atau Labuan sepagi mungkin, karena mobil/bus yang menuju Sumur hanya beroperasi hingga siang hari (11.30 WIB). Jika lewat dari waktu tersebut, Anda terpaksa menggunakan ojek dengan tarif Rp. 120.000,- dari persimpangan Tarogong.
  • Bawalah pakaian renang dan perlengkapan pribadi lainnya.
  • Jagalah kebersihan di lokasi Pulau Umang, dan jangan mengambil kerang, karang, maupun tumbuhan yang ada untuk menjaga ekosistim Pulau Umang.

Sumber: Kumpulan info, Weddingku, ligagame.com, bp3.blogger, detiknews.com, sarcil.blogspot.
Sumbangan Artikel dari: http://marioblu.blogspot.com/

1 komentar: